Ads Top

Goa Macan, Spot Lain Menikmati Keindahan Pulau Merah

Pulau Merah, pantai yang menjadi icon wisata Banyuwangi ini merupakan wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak lengkap rasanya ke Banyuwangi jika belum foto dengan background Pulau Merah. Pemandangan pantai dengan adanya pulau di bibir pantainya ini menjadi daya Tarik utama pantai ini. pasirnya yang putih serta garis pantainya yang panjang membuat pantai ini mampu menampung ribuan wisatawan, gulungan ombaknya yang cukup besar membuat pantai ini menjadi tempat berselancar yang bagus untuk pemula maupun professional dan apabila senja mulai tiba, wisatawan akan disuguhkan pemandangan sunset yang begitu romantis.

Source : semangatbanyuwangi.com

Menikmati keindahan pulau merah dari tepi pantai memang lebih terasa feelnya namun hal itu sudah biasa. Bagaiamana jika menikmati pulau merah dari sudut pandang yang berbeda serta suasana yang lebih sepi? Jika kamu ingin merasakan hal seperti ini, datanglah ke Goa Macan yang tempatnya berada di ketinggian.

Bukit Goa Macan ini berada di sebelah utara pantai Pulau Merah atau lebih tepatnya berada di desa Rowojambe, Pesanggaran, Banyuwangi. asal usul nama Goa Macan sendiri masih belum diketahui secara pasti, namun sepertinya dulu di goa ini hidup seekor macan (harimau jawa) yang menjaga goa ini sehingga penduduk sekitar menamainya Goa Macan.
Source : perpusgenk.blogspot.co.id

Rute menuju Goa Macan tidak terlalu susah karena letaknya yang cukup strategis yaitu berada di pinggir jalan menuju Pulau Merah, atau lebih tepatnya berada di 1 Km sebelum bibir pantai Pulau Merah. Jika wisatawan menemukan petunjuk arah yang berbunyi jalur evakuasi bencana tsunami, ikutilah jalan tersebut hingga di pedasaan setelah itu titipkan kendaraan anda di rumah warga. Setelah menitipkan kendaraan, perjalanan selanjutnya dilanjutkan dengan berjalan kaki dan mendaki yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 1 KM. di perjalanan nanti wisatawan akan melewati hutan jati yang dimiliki oleh perhutani lalu mendaki bukit selama 15 menit untuk bisa sampai di puncak bukit Goa Macan.

Sesampainya di puncak bukit, wisatawan bisa melihat pemandangan pulau merah dari atas. Puncak bukit goa macan sendiri merupakan kumpulan batuan yang tertumpuk kokoh. Selain dapat melihat pulau merah dari atas, wisatawan juga bisa melihat ke segala arah tanpa terganggu oleh pepohonan karena pohon jati yang berada di sekitar bukit sudah ditebangi. Disini wisatawan akan jarang melihat pemukiman penduduk, hanya ada hutan jati dan hutan alam yang terlihat oleh mata.
Source : sigidariviantho.blogspot.com

Bukit Goa Macan sendiri bukanlah tempat wisata, melainkan spot lain menikmati keindahan Pulau Merah dari ketinggian. Karena sudah banyak memposting foto tentang Goa Macan di media social, kini goa ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan. Karena bukit ini bukanlah tempat wisata yang dikelola oleh pemkab ataupun warga setempat disini tidak ada fasilitas seperti yang ada di tempat wisata pada umumnya. Wisatawan diharapkan untuk membawa kembali sampah yang dibawa agar tetap menjaga kelestarian alam dan tidak merusak keindahan alam.

No comments:

Powered by Blogger.