Ads Top

6 Pantai Cantik Yang Ada Di Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu hutan paling angker di tanah Jawa, namun tahukah anda di balik keangkerannya tersebut terdapat tempat wisata yang eksotis karena jarang dijamah oleh manusia dan terkesan masih alami. Salah satu tempat wisata yang terkenal di TNAP ini adalah pantai G-Land yang memiliki ombak terbaik di dunia. Selain pantai G-Land, ada beberapa pantai lagi yang tak kalah memukau. Berikut ini pantai – pantai cantik yang ada di Alas Purwo :

1. Pantai Pancur


Sumber : intaninchan.wordpress.com

Pantai ini berada di samping pos pancur yang menandakan tempat terakhir kendaraan boleh lewat, setelah itu pengunjung harus menyewa jeep untuk pergi ke pantai pelengkung. Seperti namanya, di pantai ini terdapat sebuah pancuran sungai yang langsung bermuara ke laut. di bibir pantai terdapat bebatuan dan karang yang diselimuti oleh tumbuhan lumut hijau yang menambah kecantikan dari pantai yang berpasir putih ini.

karena terdapat sebuah pos penjagaan, fasilitas disini cukup lengkap mulai dari toilet, musholla, tempat camping dan kantin.

2. Pantai Ngagelan

Sumber : siskanurifah.wordpress.com/

Selama ini orang hanya mengenal Sukamade sebagai tempat penangkaran penyu di Banyuwangi. Ternyata ada satu lagi pantai yang dijadikan tempat konservasi penyu yaitu pantai Ngagelan yang terletak di Alas Purwo. Lokasinya yang sulit dijangkau oleh manusia dan sepi membuat penyu suka bertelur disini. Ada empat jenis penyu yang bertelur di pantai berpasir hitam ini yaitu penyu Sisik, penyu Lekang, penyu Hijau dan penyu Blimbing.

3. Pantai Pelengkung

Sumber : pinteres.com

pantai yang juga dikenal sebagai pantai G- Land ini adalah pantai yang paling populer diantara pantai yang ada di alas purwo. Ombaknya yang memiliki 7 gulungan ini sangat diburu oleh surfer mancanegara. Untuk bisa pergi kesini, wisatawan harus menyewa mobil jeep yang telah disediakan oleh pengelolah setempat. Cukup membayar Rp 250.000 pengunjung akan diantar dan dijemput ke pantai plengkung.

4. Pantai Trianggulasi

Sumber : intaninchan.wordpress.com/

sama seperti pantai plengkung dan pancur, pasir pantai di pantai ini berwarna putih. Suasananya yang sepi dan masih asri dapat membuat hati dan pikiran anda menjadi tenang.
pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, sangat cocok untuk wisatawan yang suka berpetualang dan berlari – lari. Disini wisatawan akan menemukan hewan seperti monyet atau rusa, jika bertemu dengan monyet berhati –hatilah karena mereka bisa mencuri barang – barang kesayangan anda.


5. Teluk Biru

Sumber : asliindonesia.net

Mungkin telinga wisatawan lebih sering mendengar Teluk Hijau daripada Teluk Biru. namun tahukah anda bahwa teluk yang berada di alas purwo ini memiliki keindahan yang tak kalah menarik dengan saudaranya yaitu Teluk Hijau. Teluk Biru memiliki keindahan bawah laut yang indah, wisatawan akan menemukan bermacam – macam ikan dan terumbu karang yang menghiasi pantai.

disini wisatawan bisa menikmati sunrise yang mengagumkan, namun untuk dapat pergi kesini diperlukan waktu yang tepat karena ombak yang akan dilewati sangat ganas.

6. Pantai Cungur

Sumber : tnalaspurwo.org/

Bagi wisatawan yang cinta dengan dunia fotografi fauna, di pantai inilah wisatawan bisa menemukan banyak fauna yang menarik untuk di foto. Disini wisatawan akan menemukan banyak burung – burung pantai beterbangan dan mencari ikan. Tak hanya burung lokal, di waktu tertentu burung – burung dari Australia akan mendarat di Pantai Cungur. Tercatat terdapat 39 jenis burung yang tinggal di pantai ini.

1 comment:

Powered by Blogger.