Ads Top

10 Rapper Terbaik di Indonesia

Saat ini musik rap di Indonesia sedang marak – maraknya, banyak musisi – musisi baru bermunculan dengan penuh sensasi. Contohnya saja Young Lex, rapper yang terkenal lewat lagu “Bad” ini menghebohkan media social dengan sensasi dan ceritanya yang dulu pernah menjadi OB (Office Boy). Pertikaiannya dengan musisi – musisi raper lainnya membuat pria yang tubuhnya dipenuhi tato ini semakin terkenal, bahkan dirinya berpendapat bahwa di Indonesia belum ada legendnya rapper.

Source : youtube.com

Musik rap sendiri masuk Indonesia pada tahun 90an dan mulai ngehits pada tahun 2010. Temponya yang cepat dan lirik – liriknya yang penuh makna membuat orang cinta dengan genre music yang satu ini. banyak orang – orang mulai berkarya dengan lagu ngerap dan menunjukkan pada dunia bahwa dirinya pantas disebut rapper, tapi tahukah anda siapa saja rapper terbaik yang dimiliki tanah air kita, Indonesia? berikut ini 10 rapper terbaik di Indonesia:

1. Iwa K

Sumber : bintang.com

pria kelahiran Bandung ini merupakan salah satu orang yang berjasa dalam perkembangan music rap di Indonesia. rapper yang satu ini merupakan pelopor music rap pada tahun 90an, dimana semua orang pada saat itu menyukai lagu bergenre Rock. tapi ia tetap pada pendiriannya, berbekal kecintaanya pada music rap ia tetap menyanyikannya meskipun aransemennya belum bisa dikatakan hiphop. namun dari sinilah ia mendapatkan karakternya sendiri.


2. Bondan Prakoso & Fade 2 Black

Sumber : reverbnation.com

kolaborasi antar musisi ini berhasil menghasilkan karya yang digemari oleh remaja masa kini. Bondan prakoso, artis cilik yang memiliki keahlian memegang bassis serta Fade 2 Black, grup rap yang terdiri dari santoz, lezzano dan titz berhasil mencampur berbagai genre music menjadi sebuah karya yang enak di dengar. Tak hanya music ala luar negeri, Bondan cs juga mampu membuat lagu keroncong menjadi musik rap.



3. Saykoji

Sumber : youtube.com

pria yang memiliki nama Ignatius Rosoinaya Penyami ini adalah salah satu rapper terbaik Indonesia. tak hanya pandai dalam nge-rap, rapper yang ngehits lewat lagu “Online” ini juga bermain dalam dunia acting, salah satu film yang pernah dibintanginya adalah “5 CM” yang menceritakan persahabatan 5 orang.

Asal – usul nama Saykoji sendiri diambil dari pengalamannya disaat sekolah dulu, pada saat sekolah dulu pria kelahiran Balikpapan ini bukanlah anak gaul, tapi seorang penyendiri, bahkan ia pernah dijuluki psycho oleh teman – temannya. Dari julukan itulah, nama saykoji muncul.


4. Kungpow Chicken


Band asal bandung ini memilih Rap Hip Hop Hardcore sebagai genrenya, band penuh kontrofersi ini pernah bermasalah dengan hukum dikarenakan lirik – liriknya yang terlalu fulgar. Ia mengambil kenakalan remaja dan celana dalam sebagai tema liriknya. Grup rap yang digawangi oleh Dorizo, Chow Sing Che, dan DJ Cabul ini pun mengakhiri karirnya dengan membuat album terakhir yang berjudul The Last Chickens Standing. Album ini membuat senang sekaligus sedih para cabulers, sebutan penggemarnya karena album ini adalah yang terakhir.


5. Ebith Beat A

Sumber : sejutalagu.com

Musisi yang satu ini namanya sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, lewat lagu nge-rapnya pria asal Rancaekek, Bandung ini memberi warna baru di dunia permusikan Indonesia. karya – karyanya yang bernuansa islami / religi membuat lagunya mudah diterima oleh masyarakat, bahkan tak jarang ia memasukkan bahasa daerah Sunda ke dalam liriknya.

6. 8 Ball Sleepless in Mind

Source : beritasatu.com

Pria yang memiliki nama asli M. Iqbal ini adalah rapper asal Maluku yang lahir di Malang. ia mulai karirnya sebagai rapper pada tahun 2003 di Jogja, ia lebih menyukai nama 8ball sebagai nama panggungnya. Sejak kecil ia sudah terbiasa dengan music hip hop, menurutnya music hip hop memiliki daya Tarik tersendiri sehingga ia memutuskan untuk menjadi rapper untuk menyampaikan pesan – pesan yang ada di kepalanya.

Lirik yang ditulis terinspirasi dari fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang, ia juga mengamati kisah asmara orang – orang disekitarnya untuk dijadikan lagu yang romantis. Liriknya yang tegas, cerdas, jelas dana pa adanya membuat penggemarnya jatuh cinta dan menunggu karya berikutnya.

7. Soul ID

Source : commons.wikimedia.com

Band yang dibentuk oleh Glenn Waas atau G Quest, Alm. Maurits Adhisatria dan Endru March Sukardi atau Drusteelo ini memilih Hip Hop/ RNB sebagai genrenya. Didirikan pada tahun 2003, band ini telah merilis banyak lagu diantaranya adalah Wanita, Ladjoe dan Takkan Kubiarkan. Nama Soul ID sendiri tidak hanya terkenal di dalam negeri, negara – negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga pernah di datanginya. Mereka pernah mewakili Indonesia untuk tampil di Esplanade (Singapura), salah satu acara music hip hop terbesar di Asia yang diselenggarakan pada tahun 2004.

8. Mizta D

Sumber : wikiwand.com

pria yang memiliki nama asli Pradhana W. Nariendra mulai mengenal music hip hop pada saat remaja. Ia terinspirasi oleh band – band hip hop tahun 80an seperti Run DMC, JJ Flad dan Kurtis Blow. Ia mendirikan grup rap pertamanya pada tahun 1992 yang dikenal dengan nama Sub Base ‘D’. di tahun 2005, ia meluncurkan album solo pertamanya dengan single “Bispak” yang kontrofersial.

9. Ucok Munthe

Ucok Munthe adalah salah satu pelopor music rap/hip hop di kota asalnya yaitu Medan. Meskipun masih indie, namun pengemasan album dan pemasarannya cukup prpfessional. Dia telah mengeluarkan album perdananya yang berjudul “Aku dan Diriku” yang mengisahkan perjuangannya menjadi rapper Indonesia. Rapper yang terkenal lewat lagu Hitsnya “Satu Mikrophone” ini juga sering menjadi juri di ajang kompetisi rap pelajar di Medan.

10. JFlow

Sumber : kawankumagz.com

Joshua Matulessy atau kita mengenalnya sebagai JFlow adalah salah satu rapper multitalenta Indonesia. tak hanya menjadi rapper, pria yang lahir pada tanggal 8 april 1980 ini juga bekerja sebagai produser, TV host dan penulis. nama JFlow sendiri diberikan oleh temannya, igor Saykoji yang melihat cara ngerap joshua mengalir mengikuti nada, berbeda dengan rapper pada umumnya yang terpatah - patah.

1 comment:

  1. hmmm...10 list tadi.. mereka boleh terkenal...
    tp yg kenal karya nya "homicide" mungkin lebih ke masterpiece.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.